spot_img

Pemprov Bakal Dorong Tumbuh Kembang UKM di Kaltim

Presepsinews, Samarinda – Pejabat Gubernur Kaltim Akmal Malik menerima audiensi jajaran Dewan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kaltim di Ruang VVIP Rumah Jabatan Gubernur Kaltim di Samarinda, Senin (13/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Akmal mengungkapkan selama ini pihaknya memberikan perhatian dan dukungan pada UKM Kaltim. Salah satunya, dengan menyediakan kudapan dan cemilan dari produk UKM Kaltim pada semua tamu yang datang ke rumah jabatan.

“Bapak ibu bisa lihat di atas meja, keripik pisang, stik bawang dan lainnya, semua itu produk UKM Kaltim,” tutur Akmal.

Menurut Akmal, pelaku UKM Kaltim harus jeli dan menangkap peluang pasar dengan cermat. Seperti contoh, pisang kepok jika dijual langsung di pasar harganya kisaran Rp15 ribu sampai Rp 20 ribu. Tetapi jika diolah menjadi keripik dengan kemasan menarik harganya berkali lipat.

“Kripik pisang ini harganya Rp 30 ribu, dikemas bagus dan rasanya juga enak,” ujar Akmal sembari menunjukkan kripik pisang produk UKM Samarinda.

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi UKM, saat ini juga memberi dukungan agar produk UKM lebih dikenal. Salah satunya dengan program UKM Kaltim naik haji. Tercatat, Embarkasi Haji Kaltim setiap tahunnya memberangkatkan kurang lebih 6.000 jemaah.

“Ini kan peluang, nanti para calon jemaah haji ini sebagian kita, beri produk UKM abon ikan haruan karena tahan lama,” ungkap Akmal.

Diharapkan terobosan-terobosan seperti itu, akan memancing jamaah dari daerah lain untuk mengenal dan membeli produk khas Kaltim dari UKM.

Sementara itu, Ketua Dewan UKM Kaltim, Andi Fathul Khair mengatakan kunjungan bertujuan untuk silaturahmi dengan Pj Gubernur sekaligus mengenalkan jajaran Dewan UKM periode 2024-2028 yang baru terbentuk pada Januari lalu.

“Kita juga memohon arahan, terkait rencana kerja dan pembentukan Dewan UKM di 10 kabupaten/kota,” katanya. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer