Peringati Hari Ibu, Sejumlah Organisasi Wanita Kaltim Ziarah ke Makam Pahlawan

0
Ziarah dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94 dipimpin Wakil Ketua II TP PKK Kaltim Hj Futum Hubaib Aswin. (Ozan)

Persepsinews, Samarinda – Berpusat di Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda, Rabu (21/12/2022) seluruh organisasi wanita Kaltim melakukan ziarah dalam peringatan Hari Ibu pada Kamis 22 Desember 2022.

Ziarah dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94 dipimpin Wakil Ketua II TP PKK Kaltim Hj Futum Hubaib Aswin mewakili Wakil Ketua 1 TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi dan turut dihadiri Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalimantan Timur (DKP3A Kaltim) Hj Noryani Sorayalita diwakili Sekretaris DKP3A Eka Wahyuni.

Ditemui usai kegiatan tersebut Futum mengatakan, ziarah ini menjadi agenda rutin tiap tahunnya dalam setiap peringatan hari ibu. Meski sempat diguyur hujan, para peziarah tetap semangat mengikuti upacara hingga tabur bunga di makam pahlawan.

“Alhamdulillah meski sempat diguyur gerimis, ibu-ibu tetap semangat mengikuti upacara tabur bunga dan ziarah makam pahlawan ini,” ujar Futum Hubaib Aswin mewakili Erni Makmur Hadi Mulyadi.

Disampaikan Futum, momentum ini sebagai bentuk untuk mengenang jasa dan kerja keras para pahlawan dan pendahulu yang telah berjuang meraih kemerdekaan bangsa dan negara, termasuk berjuang demi keberlangsungan pembangunan daerah.

Menurutnya, para Ibu juga memiliki peran besar dalam pembangunan daerah dan ekonomi. Ditambah lagi dengan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Yang jelas, tugas ibu itu sangat berat. Mereka punya keluarga kecil dan itu tidak semua kaum laki-laki bisa melakukannya. Selain mengurus suami, juga anak-anak mereka dan juga harus aktif di lingkungan sosial,” ungkapnya.

Bagi Futum, tugas ibu-ibu sangat mulia dan penuh keikhlasan tanpa pamrih. Sehingga apa yang dikorbankan tidak memandang untung dan rugi, bagi diri sendiri. Tapi, bagaimana berjuang agar keluarganya tetap sejahtera.

“Khususnya anak-anak, seorang ibu tidak pernah lelah membina anaknya untuk bisa meraih pendidikan yang paling tinggi,” pesannya. (Ozn)