Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Terkuak, Ternyata Mantan Napi Teroris dan Perakit Bom

0
Kapolri Listyo Sigit mengungkap pelaku bom bunuh diri di Mapolres Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat. (Humas Polri)

Persepsinews.com, Bandung – Kapolri Listyo Sigit mengungkap identitas pelaku bom bunuh diri Agus Sujatno alias Agus Muslim di Mapolres Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022).

Dalam rilis resminya, Kapolri membeberkan Agus Sujatno tinggal di Desa Cibangkong, Kecamatan Batu Nunggal, Bandung.

“Hasil sidik jari dan pengenalan wajah identik, menunjukkan pelakunya adalah Agus Sujatno,” kata Listyo dikutip dari laman resmi Polri.

Listyo mengatakan Agus terkoneksi dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jabar.

“Pelaku berafiliasi dengan JAD Bandung atau JAD Jawa Barat,” ujarnya.

Agus sebelumnya ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri pada tahun 2017 dalam kasus bom pot di Taman Pendawa, Desa Arjuna, Cicendo, Bandung.

Agus diadili dan divonis empat tahun penjara. Dia ditahan di Lapas Kelas II A Pasir Putih Nusakambangan dan akhirnya dibebaskan pada Maret 2021.

Terkait ledakan bom tersebut, Agus diketahui sebagai tukang pembuat bom. Agus pernah kedapatan membuat bom pot di sebuah rumah di kawasan Ciparay.

Saat itu, Kabid Humas Polri, Inspektur Boy Rafli Amar, mengatakan Agus belajar membuat bom sendiri atau melalui internet.

“Karena pendidikan online telah menjadi tren, itu sudah menjadi rahasia umum. Bom itu menjadi bom yang ditopang oleh markas ISIS,” kata Boy. (Red)