Pro Kontra Pembangunan Lapangan Mini Soccer di Vorvo, Memang Apa Perbedaannya dengan Futsal ?

0
Penyegelan aktivitas pematangan lahan untuk pembangunan lapangan mini soccer di kawasan Vorvo Samarinda. (Ist)

Persepsinews.com, Samarinda – Baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan terkait rencana pembangunan lapangan mini soccer di lahan milik Pemprov Kaltim di kawasan Vorvo, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Hal ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Pasalnya, Wali Kota Samarinda Andi Harun meminta untuk pembangunan lapangan tidak berada di area itu.

Karena menurut orang nomor satu di Kota Samarinda ini, lahan tersebut masuk kawasan yang rawan banjir.

Disisi lain, masyarakat yang mendukung pembangunan di eks lahan lapangan Vorvo itu berharap agar olahraga semakin berkembang. Tak heran, sebagaian pecinta bola mengaku arga sewa lapangan sepak bola lebih mahal dan lapangan sepak bola juga sudah tak banyak ditemui di Ibu Kota, sehingga olahraga futsal dan mini soccer pun berkembang.

Meski begitu, antara permainan mini soccer dan futsal ternyata memiliki perbedaan. Bagi yang belum tahu, berikut perbedaan dari futsal dan mini soccer dari segi permainan ataupun lapangan yang digunakan.

1. Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan futsal lebih kecil dibandingkan dengan mini soccer. Normalnya, lapangan futsal berukuran panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter. Sementara itu ukuran standar lapangan mini soccer adalah 12,5 x 25 meter.

2. Jenis Lapangan

Futsal dimainkan dengan lapangan berbahan vinyl (permukaan karet), parquette (permukaan kayu), karpet plastik, hingga rumput sintetis.

Untuk lapangan mini soccer sama seperti sepak bola, yakni berbahan dasar rumput asli ataupun rumput sintetis.

3. Ukuran Bola

Ukuran bola futsal adalah nomor 4 dengan berat mencapai 400-440 gram. Sedangkan ukuran bola pada mini soccer adalah nomor 5 dengan berat antara 410-450 gram.

4. Format Permainan

Format permainan futsal dan mini soccer tentu berbeda. Futsal dimainkan 5 melawan 5, sedangkan mini soccer 7 melawan 7 atau juga bisa dimainkan 9 melawan 9.

Keduanya tidak menggunakan aturan offside. Namun mini soccer hampir mirip seperti sepak bola, jika bola keluar lapangan harus dilempar sementara futsal diwajibkan untuk ditendang.

Untuk waktu pertandingan futsal dan mini soccer normalnya adalah 20 menit setiap babak. Namun, juga bisa dimainkan dengan waktu 15 menit.

Kedua olahraga ini juga memungkinkan untuk melakukan pergantian pemain secara bebas atas seizin wasit, bahkan ketika pertandingan berlangsung. (Red)