spot_img

Deskranasda Kukar Dukung Pengembangan IKM dan UMKM di Gunung Pendidik

Persepsinews.com, Kukar – Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar), Sayid Fathullah, mengungkapkan bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) di Gunung Pendidik semakin aktif dengan banyak outlet dan produk yang bermunculan.

“Untuk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) sendiri di Gunung Pendidik, mulai banyak yang sudah membuka outlet-outletnya dan produk sudah mulai beragam,” kata Fathullah pada Selasa (07/05/2024).

Menurutnya, Deskranasda Gunung Pendidik tidak hanya menjual produk secara mandiri, tetapi juga melakukan ekspor ke luar negeri melalui jasa titip (jasptip).

Saat ini, terdapat 10 pelaku usaha yang aktif di sana, dengan produk seperti cenderamata dan oleh-oleh.

“Pihak kami juga memberikan fasilitasi kepada pelaku usaha dengan menyelenggarakan seminar dan pelatihan-pelatihan,” tambahnya.

Dia juga menegaskan, bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar dan sektor-sektor lain di daerah Kukar. Dengan berencana mengintegrasikan Deskranasda dalam program kunjungan tamu luar daerah, di mana setiap tamu wajib diajak mengunjungi lokasi Deskranasda untuk memperkenalkan produk-produk lokal.

“Harapan kami, pelaku IKM dan UMKM dapat terus berkembang serta meningkatkan kualitas, kontinuitas, dan kapasitas produknya,” harapnya

Terakhir, Fathullah, menggaris bawahi pentingnya dukungan terhadap pengembangan industri kecil dan menengah serta usaha mikro kecil menengah (IKM dan UMKM) didaerah. (Rob/Adv Diskominfo Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer