Subandi Soroti Minimnya Peningkatan Infrastruktur Jalan di Kota Tepian Ditengah Pesatnya Pembangunan IKN

0
Wakil Ketua DPRD Samarinda H. Subandi. (Ist)

Persepsinews, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Samarinda H. Subandi, S.E mengatakan, peningkatan infrastruktur jalan di Kota Tepian perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah Kota Samarinda. Hal itu dilakukan guna meningkatkan akses distribusi barang dan jasa agar semakin berkembang.

Menurut Subandi, melalui infrastruktur jalan yang baik akan berdampak positif pada aktifitas masyarakat. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, alur distribusi barang dan jasa akan semakin meningkat dan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan cost dan retribusi daerah.

“Harus, seiring bertambahnya jumlah penduduk, aktifitas masyarakat untuk kegiatan ekonomi, insfrastruktur itu harus disiapkan dengan baik, agar arus barang dan cost berdampak retribusi cepat dan lancar sehingga ekonomi bertumbuh,” tutur Subandi saat dihubungi Persepsinews Rabu (18/1/2023).

Disampaikan Subandi, pemerintah pusat kini telah menempatkan perhatiannya untuk kabupaten dan kota yang menjadi penyangga IKN untuk membantu pembangunan infrastruktur jalan yang ada di daerah.

Melalui Badan Otorita IKN, pemerintah akan mengatasi potensi terjadinya kesenjangan infrastruktur antara wilayah penyangga dengan Ibu Kota Negara Nusantara. Pemerintah memiliki rencana akan membangun jalan lingkar hingga tol penghubung menuju IKN.

Untuk itu menurut Subandi, ditengah pembangunan IKN sekarang pemerintah daerah khususnya Samarinda perlu melakukan peningkatan infrastruktur agar Kota Tepian dapat terhubung dan terintegrasi secara cepat dengan pusat pemerintahan negara.

“Apalagi sekarang sebagai penyangga IKN harus disiapkan semua akses jalan menuju IKN, apalagi melalui badan otorita IKN sudah nyatakan ke kabupaten dan kota akan dibuatkan jalan lingkar dan tol, jadi harus ditingkatkan,” tutupnya. (Ozn/ Adv DPRD Samarinda)