spot_img

Pemerintah dan Muhammadiyah Hampir Dipastikan Lebaran Serentak di 10 April 2024

Persepsinews.com, Jakarta – Pada momentum yang berharga bagi umat Muslim, Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada tanggal yang sama untuk seluruh Indonesia, termasuk pemerintah dan ormas Muhammadiyah, yaitu pada Rabu, 10 April 2024.

Keserentakan ini menjadi titik penting dalam mempersatukan perayaan Idul Fitri di Indonesia, sebuah peristiwa yang dinantikan oleh banyak pihak.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, keputusan ini didasarkan pada rapat koordinasi yang diadakan bersama sejumlah sektor terkait.

“Kita hampir bisa memastikan bahwa Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada tanggal 10 April,” ujar Muhadjir dalam pertemuan lintas sektoral mengenai Operasi Ketupat 2024.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, yang menegaskan bahwa berdasarkan kajian, kemungkinan besar Idul Fitri akan dirayakan secara serempak oleh pemerintah dan Muhammadiyah.

Kebersamaan dalam merayakan hari kemenangan ini diharapkan dapat semakin memperkuat tali persaudaraan dan kesatuan umat Islam di Indonesia.

Ditambahkan oleh Muhadjir, puncak arus mudik Lebaran 2024 diperkirakan akan terjadi antara tanggal 5 hingga 8 April, sementara arus balik diprediksi pada 13 hingga 16 April.

Dengan jumlah pemudik yang diprediksi mencapai sekitar 193 juta orang, atau meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya, koordinasi lintas sektoral menjadi sangat penting untuk menjamin kelancaran dan keamanan selama periode mudik Lebaran.

Kesamaan tanggal perayaan Idul Fitri tahun ini menandai momentum penting dalam kebersamaan dan persatuan, mengingatkan akan pentingnya nilai toleransi dan kebersamaan di tengah keberagaman. Semoga Idul Fitri 1445 H menjadi momen untuk memperkuat nilai-nilai kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan antar umat beragama di Indonesia.

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer