Antisipasi Ancaman Resesi 2023, Dewan Tekankan Pemkot Samarinda Dongkrak PAD Sejumlah Sektor

0
Wakil Ketua DPRD Samarinda Subandi. (Ist)

Persepsinews, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Samarinda H.Subandi, S.E mengatakan, mengawali tahun 2023 terdapat sejumlah sektor yang dapat ditingkatkan guna menambah realisasi Pendapatan Asli Daerah untuk tahun ini.

Subandi menyebut, pasca pandemi di tahun sebelumnya peningkatan PAD tercatat mengalami peningkatan. Kondisi ini menjadi kabar positif untuk Samarinda. Menurutnya, terdapat sejumlah sektor yang memiliki potensi besar dalam peningkatan PAD seperti restoran, perhotelan hingga sektor UMKM.

“Pasca pandemi peningkatan APBD kita lumayan signifikan, masyarakat kita bisa menggeliat lagi, banyak sektor khususnya restoran perhotelan yang meningkat akhir-akhir ini dan UMKM, daya beli sudah mulai meningkat,” tutur Subandi saat dihubungi Persepsinews Rabu (18/1/2023).

Disampaikan Subandi, kondisi ini diharapkan jadi perhatian Pemkot Samarinda untuk bisa mengambil langkah strategis kedepan agar PAD dapat lebih ditingkatkan. Dengan begitu, upaya tersebut juga dapat menjadi langkah antisipasi isu resesi 2023.

“Pemkot samarinda diharapkan dengan kebijakannya bisa menjaga, dengan monitoring agar terjaga dengan baik, ini juga bisa jadi antisipasi resesi 2023 juga, ini dampaknya positif di banyak sektor,” ucapnya.

Diketahui, Pada akhir 2022 lalu. Pemkot Samarinda menutup buku Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan realisasi Rp 717 miliar. Angka ini membuat Samarinda menjadi kota dengan realisasi PAD tersbesar kedua di Indonesia.

Secara persentase. Pendapatan sebesar Rp 717 miliar ini pun jauh melampaui target. Yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar Rp530 miliar. (Ozn/ Adv DPRD Samarinda)