spot_img

DLHK Kukar, Dorong Kelurahan Panji Dalam Program Kampung Iklim Nasional

Persepsinews.com, Kukar – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar) dorong Kelurahan Panji dalam Program Kampung Iklim (Proklim) pada tingkat nasional.

Kelurahan Panji yang terletak di wilayah Kecamatan Tenggarong, Kukar merupakan salah satu wilayah yang secara aktif berupaya untuk menjadi contoh dalam hal adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Melalui Jabatan Funsional (Jafung) Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Muda DLHK Kukar, Muhammad Ali mengatakan, Kelurahan Panji telah menunjukkan komitmennya terhadap upaya-upaya keberlanjutan sebelumnya, yang dibuktikan dengan meraih predikat sebagai kelurahan idaman dalam program DLHK Kukar pada tahun 2023.

“Pada tahun sebelumnya Kelurahan Panji berhasil mendapatkan predikat Kelurahan Idaman dari DLHK Kukar, sehingga tahun ini akan ditunjuk sebagai perwakilan Kukar pada tingkat nasional,” jelas Ali diruang kantor pada, Selasa (07/05/2024).

Dirinya juga menyatakan, proklim sendiri dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), guna menciptakan kampung yang lebih berkelanjutan dari segi lingkungan dan ekonomi sambil mengurangi dampak perubahan iklim.

Lanjutnya, fokus utama dari Proklim adalah penurunan emisi gas rumah kaca. Namun, tidak hanya itu, program ini juga akan memperhatikan aspek-aspek lain seperti pengelolaan lahan dan ketahanan pangan terhadap perubahan iklim.

“Fokus lainnya seperti tutupan lahannya ketahanan pangan terhadap perubahan iklim,” terangnya

Ali berharap, bahwa partisipasi Kelurahan Panji dalam Program Kampung Iklim akan menjadi kesuksesan yang tidak hanya menguntungkan bagi lingkungan lokal, tetapi juga dapat membawa nama baik bagi Kukar secara keseluruhan.

“Harap saya mudah mudahan berhasil dan dapat membawa nama baik kutai kartanegara,” harapnya

Dengan kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait lainnya. sehingga, program ini akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup di Kukar. (Rob/Adv Diskominfo Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer