spot_img

DPRD Samarinda Dorong Pemkot Bantu Petani Lokal Wujudkan Swasembada Pangan Sambut IKN

Persepsinews, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Samarinda H. Subandi, S.E mendorong pemerintah Kota Samarinda untuk mempersiapkan diri dalam menyambut IKN 2024 mendatang.

Terutama dalam hal peningkatan ketersediaan pangan. Mengingat, penetapan IKN di Kaltim akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penduduk terutama untuk Kota penyangga IKN seperti Samarinda.

Pemkot diharapkan bisa melakukan peningkatan infrastruktur dan kualitas SDM agar tidak kalah bersaing dengan warga pendatang.

“Harus dipersiapkan pemerintah kota samarinda sebagai penyangga IKN harus betul-betul mempersiapkan baik infrastruktur, khususnya SDM nya, karna IKN ini kan kita akan kedatangan penduduk yang begitu besar, karna semua perlu sandang pangan,” tutur Subandi Rabu (25/1/2023) di Samarinda.

Menurut Subandi, penetapan IKN di Kaltim menjadi peluang besar Samarinda untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“Ini peluang samarinda untuk meningkatkan ekonomi di kota tepian jangan sampai hanya jadi penonton,” ucapnya.

Subandi menghimbau, Pemkot Samarinda untuk bisa mendukung para petani lokal agar mampu meningkatkan produksinya. Tak hanya itu, pemerintah diharapkan bisa menyediakan lahan untuk dikelola masyarakat guna produksi pangan secara mandiri untuk mencapai swasembada pangan.

Dengan begitu, walau terjadi pertumbuhan penduduk yang signifikan di tengah IKN ketersediaan pangan untuk masyarakat Kota Samarinda bisa tetap aman.

“Iya yang jelas, jujur selama ini kebutuhan pangan beras dan sayur sealu beli impor dari Sulawesi dan surabaya, cuman kota samarinda perlahan menyiapkan lahan sendiri, yang pasti bisa memberikan sumbangsih terhadap produksi pangan agar swasembada dan mandiri,” ujarnya. (Ozn/ Adv DPRD Samarinda)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer