spot_img

Hadapi Persaingan SDM Jelang IKN, Legislator Samarinda Minta Pemerintah Utamakan Tenaga Kerja Lokal

Persepsinews, Samarinda – Pemindahan Ibu Kota Negara ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), tentu akan berdampak besar terhadap perubahan perekonomian masyarakat.

Hal ini juga akan berdampak terjadinya migrasi besar-besaran dimana jumlah penduduk Kaltim juga turut meningkat. Sebagai penyangga IKN Samarinda tentu berpotensi mengalami kondisi tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sani Bin Husain mengatakan, ditengah pertumbuhan penduduk itu tentu akan terjadi persaingan SDM lokal dan pendatang. Namun, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir karna Kaltim juga memiliki kualitas SDM yang baik.

Melihat potensi persaingan tersebut, pemerintah diharapkan Sani bisa lebih loyal terhadap SDM lokal dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengambil peran pembagunan di IKN maupun di Ibukota Kaltim, Samarinda.

“Masyarakat kita daerah jangan takut bersaing, masyarakat kita banyak yang cerdas, pintar, ga perlu banyak impor SDM dari luar, dan pemerintah harusnya beri kesempatan warga lokal,” tutur Sani Rabu (25/1/2023).

Disampaikan Sani, menyongsong IKN Pemerintah Samarinda perlu memiliki dua langkah fundamental dengan program yang berorientasi untuk masyarakat.

Tidak hanya peran Pemerintah Kota Samarinda saja yang harus mempersiapkan SDM melalui pelatihan-pelatihan tenaga kerja, tetapi juga semangat serta motivasi dari pemuda tersebut harus bisa di perhatikan.

“Pemkot perlu dua langkah fundamental, program yang orientasi nya untuk masyarakat, kedua edukasi tetap berjalan,” sebutnya. (Ozn/ Adv DPRD Samarinda)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer