spot_img

Kukar Jadi Lokasi Major Project Sentra UMKM untuk Pengelolaan Jahe

Persepsinews.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah melakukan uji coba mesin produksi jahe di Rumah Produksi Bersama (RPB) di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu. Proses pengoperasian mesin produksi jahe berjalan dengan lancar, dimulai dari pemilahan bahan baku jahe putih atau jahe gajah, yang merupakan komoditi unggulan lokal.

“Saya telah mengunjungi langsung Rumah Produksi Bersama (RPB) jahe di Jonggon Jaya untuk memastikan bahwa mesin produksi akan mulai beroperasi dalam satu bulan ini,” ujar Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono, pada Sabtu (25/3/2023).

Menurutnya, keberadaan mesin produksi jahe di Kukar adalah hasil dari program pertanian yang luas Simulasi dan uji coba ini menjadi kesempatan bagi masyarakat setempat untuk memperoleh transfer ilmu dalam mengoperasikan mesin produksi jahe.

Keberadaan RPB jahe ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para petani lokal. Pasalnya, harga jual jahe saat ini sangat rendah dan mengalami penurunan. Bahkan banyak petani di wilayah Jonggon beralih ke tanaman lain karena situasi tersebut.

“Kami akan memastikan pabrik ini beroperasi dengan baik, siap menampung hasil produksi apapun, dan kami ingin petani Jonggon kembali bercocok tanam jahe karena daerah ini merupakan sentra jahe di Kalimantan Timur,” ujar Sunggono.

Sebagai informasi, Kukar dipilih oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI sebagai salah satu daerah yang menjalankan kegiatan Major Project Sentra UMKM dalam bentuk pembangunan RPB. Pembangunan fisik Rumah Produksi Bersama untuk pengelolaan jahe di Desa Jonggon Jaya saat ini hampir selesai 100 persen. (Adi/ Adv Diskominfo Kukar)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer