spot_img

Bawaslu Mulai Persiapkan Panwascam Untuk Pilkada 2024

Presepsinews, Samarinda – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam perekrutan calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pendaftaran bagi anggota Panwascam sudah dibuka sejak tanggal 23 April hingga 2 Mei 2024 kemarin. Sementara itu, untuk pendaftaran untuk calon anggota Panwascam baru, akan dimulai pada tanggal 3 hingga 25 Mei 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kaltim Hari Dermanto mengatakan, untuk kebutuhan panwascam di Kalimantan Timur tidak berbanding jauh dari pemilu sebelumnya namun untuk jumlah TPS akan berubah sekitar 60 persen untuk pilkada ini dibanding pemilu.

“Kalau secara keseluruhan masih sama yang berbeda di pengawas TPS, karna di jumlah pemilih TPS ini kan akan berbeda dengan pemilu bisa 600 per TPS karna jumlah TPS akan berubah hanya sekitar 60 persen dari pemilu sebelumnya,” ungkap Heri (14/5/2024).

“Ini kesempatan baik bagi masyarakat untuk menghadirkan pemilu yang baik, untuk jadi bagian pengawasan pemilu, proses perekrutan sedang berlangsung, kita mengundang seluruh putra putri terbaik untuk bergabung,” lanjutnya.

Bawaslu Kaltim mengundang seluruh warga Kaltim untuk mempersiapkan diri dan menjadi bagian dalam mengawal demokrasi sehat di daerah.

Melalui perekrutan Panwascam Pilkada 2024 hingga 25 Mei nanti, diharapkan dapat memanfaatkan pengalaman dari penyelenggaraan Pemilu serentak 2024.

Pengalaman tersebut dinilai sebagai aset berharga yang akan berkontribusi pada kelancaran Pilkada serentak 2024.

Pada Pilkada ini, Bawaslu Kaltim optimis bahwa partisipasi pemilih akan lebih proaktif. Pengalaman Pilkada tahun 2018 dan 2020, serta Pemilu serentak 2024, menjadi dasar untuk memperkirakan kebutuhan penyelenggara di tempat pemungutan suara (TPS) yang diperkirakan persiapannya akan lebih mantap. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer