spot_img

Gelar Gebyar Hari Hipertensi Sedunia 2024, Dinkes Kaltim Pecahkan Rekor MURI

Persepsinews, Samarinda – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menggelar peringatan Hari Hipertensi Sedunia (HHS) 2024 dengan tema “Ukur Tekanan Darahmu dengan Tepat, Kontrol dengan Minum Obat Teratur untuk Hidup Lebih Lama”. Dalam puncak gebyar HHS ini Dinkes Kaltim berhasil meraih rekor MURI.

Gebyar ini merupakan wujud nyata dari komitmen Dinkes Kaltim dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya hipertensi dan pentingnya deteksi dini serta pengelolaan penyakit tersebut. Dengan melibatkan ribuan peserta dieluruh Kabupaten dan Kota di Kaltim mulai dari berbagai kalangan, acara ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga tekanan darah dalam batas normal.

“Event ini sekaligus sebagai deteksi dini hipertensi melalui pemeriksaan gratis, penyakit ini kita tahu merupakan penyakit yang bisa menyebar ke jantung, stroke, apalagi kita tahu Kaltim di posisi 3 secara nasional untuk penyakit hipertensi,” tutur Jaya (9/6/2024).

Dalam event ini Dinkes Kaltim berhasil mencatat rekor MURI dengan menghadirkan 20.695 peserta atas penyelenggaraan pemeriksaan tekanan darah di seluruh kabupaten kota di Kaltim.

Jumlah ini melibihi target yang ditetapkan sebelumnya yakni 16.500 orang.

Adapun rincian peserta yang hadir dan terdaftar namanya, Balikpapan (3.527 orang), Berau (1.819), Bontang (1.052), Kutai Barat (454), Kutai Kartanegara (5.224), Kutai Timur (2.494), Mahakam Ulu (52), Paser (922), Penajam Paser Utara (1.814) dan Samarinda (3.335).

Selain pengukuran tekanan darah massal, acara ini juga menampilkan beragam kegiatan edukatif dan hiburan.

“Para peserta diajak untuk aktif berpartisipasi dalam konsultasi medis, pemeriksaan kesehatan, sesi senam, serta pameran tentang pola makan sehat dan olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung,” pungkasnya. (Ozn)

Related Articles

Media Sosial

2,900FansLike
2,010FollowersFollow
1,500FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru

Berita Populer